Lucky Charms Rainbow

Rabu, 03 Oktober 2012

Waktu Gue Jadi Maba (Mahasiswa Baru)


Baiklah.. kali ini gue pengen cerita pengalaman gue pertama kali jadi maba. Jadi gini.. dulu jaman-jaman SMA sebenernya gue punya cita-cita jadi anggota DPR. Sumpah.. gue sendiri heran kenapa coba gue pengen jadi anggota DPR. Umm… bayangan gue dulu jadi anggota DPR tuh kesannya kece gila. duduk manis di ruangan, bawa kendaraan, tampilan parlente, dan tentu aja hidupnya pasti bergelimangan harta. Oke bisa dilihatkan gambaran diri gue kalo misal gue beneran jadi anggota DPR. Jangan-jangan gue bisa masuk hotel prodeo karna tersangkut kasus korupsi. 

Dalam rangka memperjuangkan pikiran busuk gue ini menjadi anggota dewan yang terhormat, gue berniat buat ngambil jurusan Hubungan Internasional. Dan ntah gimana waktu itu gue nemuin korelasinya antara kuliah di Hubungan Internasional dengan cita-cita gue buat jadi Anggota DPR.  Ketika gue udah hampir menginjak masa-masa akhir kelas 3 SMA. Gue cerita ke bonyok  kalo gue pengen  ambil kuliah jurusan HI.Seketika bonyok hening. Gue ikut-ikutan hening. Dan setelah fase hening yang cukup panjang itu. Keluarlah kalimat.. Umm sori bukan kalimat, tepatnya sebuah larangan dari bokap gue.


“Ga usah ambil jurusan itu, ambil jurusan kesehatan aja”.

“Kenapa yah.. kenapa? Kan jurusan HI bagus yah”

“Kamu kan cewek. Buat apa ambil jurusan itu. Bagusnya ambil kesehatan aja.”

Yak… Simpel banget yah alesannya mbok ya bokap tuh kasih alasan yang lebih dramatis lagi. Kenapa ga sekalian aja waktu itu bokap gue ngomong kamu cewek, nah menurut terawangan Ki Joko Bodong kamu ga cocok disitu kamu cocoknya di air. Yahh..berhubung waktu itu gue tipe-tipe anak berbakti pada orang tua, bangsa, negara, dan agama gue pun pasrah aja tanpa ada usaha yang maksimal buat memperjuangkan cita-cita mulia gue kala itu. Muahahaha

Dibawah arahan dan bimbingan bonyok gue tercinta diwaktu pengisian formulir SPMB gue memilih program IPC. Dua diantaranya gue pilih jurusan yang berbau-bau kesehatan dan jurusan yang satu lagi ntah gue pilih jurusan apa gue lupa. Pada akhirnya hari pengumuman SPMB pun tiba. Gue diterima di jurusan Ilmu Keperawatan Unsri. Gue bener-bener ga ada gambaran gimana kuliah keperawatan itu. Yang ada dipikiran gue sih artinya gue bakal jadi anak rantauan dan hidup sebatang kara jauh terpisah dari orang tua dan gue ga tau gimana kelangsungan hidup gue ke depannya… That’s it!!

Sebagai calon anak kost, gue pun dianter sama bonyok. Hampir kurang lebih seminggu bonyok nemenin gue di Bumi Sriwijaya ini sampe gue selesai ngejalanin opdik, jadi OPDIK ini semacam kegiatan Ospek yang harus ikutin oleh semua  Mahasiswa Baru (Maba) dan kalau di Unsri kegiatan ini disebut OPDIK. Waktu itu gue sebagai Maba angkatan 2006. 
Jujur aja di awal-awal gue sebenernya masih kurang sreg buat kuliah disini. Jadi gue pun menjalani kegiatan OPDIK dengan ogah-ogahan. Hari pertama OPDIK gue datang telat. Dan bagi cecunguk-cecunguk yang suka telat model gue begini selalu akan ada hukuman dari kakak-kakak senior tercinta. Kalo gue ga salah inget gue dihukum jordir (jongkok berdiri) sebanyak 10 kali. Gue pun semakin menjalani opdik ini dengan penuh tidak semangat.

Disaat temen-temen gue antusias ikut kegiatan yang diadain kakak-kakak panitia , gue lebih memilih menepi dan duduk dibelakang sambil cekakak cekikik sama temen gue. Kebetulan temen gue ini adalah temen satu sekolah gue dari SMP sampe SMA dan dia juga adalah tetangga rumah gue di Lampung yang jaraknya paling sekitar 100 meter. Dan ini satu-satunya temen yang gue kenal di Jurusan gue.
Bahkan yang lebih parah gue juga ga ada semangat untuk Make A Friend atau mencoba mengakrabkan diri dengan calon teman-teman sekelas gue ini. Gue semacam manusia yang tersisihkan dan menyisihkan diri dari pergaulan waktu itu dan kalo diibaratin juga gue itu semacam orang yang tak kasat mata. Yang kayaknya keeksistensian gue sebagai manusia dipertanyakan. Kehadiran gue diantara temen-temen gue laennya ada dan tiada. Muahaha.`Mungkin kalo waktu itu gue ga ada sekalipun atau ditengah kegiatan OPDIK gue kabur kayaknya temen-temen gue juga ga bakalan ada yang ngeh kecuali temen SMA gue itu. HaHaHa

Contoh lainnya, jaman-jaman opdik biasanya kan kita disuruh ngumpulin tanda tangan kakak senior. Yang sampe sekarang gue masih bingung entah fungsinya apa ngumpulin tanda tangan  tanda tangan model begitu. Yeph.. semacam fans yang ngejer-ngejer artis idolanya. Dan gue pun bener-bener males buat minta-minta tanda tangan kayak gini. Umm.. pada dasarnya emang gue pemales sih.HeHe.. Diantara temen-temen gue kayaknya gue yang paling dikit ngumpulin tanda tangan senior. Alhasil ketika di hari terakhir ternyata tanda tangan dari kakak-kakak senior itu di check sama kakak panitia. Dan karena gue termasuk golongan mahasiswa yang ngumpulin tanda tangan sedikit lagi-lagi gue dapet hukuman. Itu adalah hukuman kesekian kalinya yang gue dapetin karna kedodolan gue disamping karena kedatangan gue yang sepanjang opdik selalu telat.

Tapi tenang gue punya kog pengalaman yang sangat berkesan buat gue waktu gue OPDIK selain hukuman-hukuman tadi. Jadi hari itu entah gue lupa tepatnya hari apa  kita dikumpulin didepan lab. Konon kabarnya kita bakal masuk Lab Anatomi. Dandanan kita lengkap dengan atribut buat masuk lab. Sendal jepit dan jas lab udah melekat di tubuh kita masing-masing. Kita juga udah dipesenin sama kakak panitia untuk sarapan di rumah dan minum susu yang kita bawa untuk opdik hari ini .Oke oke gue jelasin dulu buat yang ga tau lab anatomi itu gimana, lab anatomi itu isinya kurang lebih seperti ini ada berupa organ-organ tubuh manusia, tulang belulang manusia,dan sampai mayat yang diawetkan yang kegunaan nya sebagai bahan belajar dan praktek mahasiswa. Yah kurang lebih ringkasnya seperti itulah gambaran lab anatomi.
Kitapun disusun berbaris oleh kakak panitia. Akhirnya satu persatu temen-temen gue udah mulai masuk lab. Dari luar gue cuma bisa denger teriakan-teriakan garang dari kakak panitia. Gue curiga ada pembunuhan Massal di dalamnya..Muahahaha

Tibalah giliran gue yang masuk lab. Jeng..jeng..jeng hal yang pertama gue jumpain adalah mayat yang diawetin. Disitu udah ada kakak senior yang stand by. Dengan garangnya kakak panitia itu nyuruh gue buat pijet-pijet mayat tersebut, buat belai-belai rambutnya. Sumpah sebagai maba gue bener-bener takut karena ini adalah pengalaman pertama buat dan jujur aja gue ga berani buat lihat ke arah mayat yang udah diawetin tersebut. Rasanya gue pengen cepet-cepet lari atau kalau gue punya ilmu ngilang gue bakalan segera menghilang dari tempat itu. Fiuhh... Akhirnya waktu gue untuk mengenal lebih dekat dengan mayat itu sudah habis. Gue disuruh bergeser ke tempat kakak panitia lainnya yang udah siap dengan organ-organ didepannya dan keliataanya juga udah siap banget melempar pertanyaannya ke gue dengan garangnya.

Kurang lebih percakapan gue dengan kakak panitia seperti ini :


“Adek organ ini apa namanya?” (sambil menunjuk organ yang ada didalam baskom berisi cairan formalin).

“ummm… hati kak”

Ini dibilang hati..?liat bener-bener pake mata..!Coba pegang angkat organ itu. Liat Bener-bener!”

gue memicing-micingkan mata,melototin, sampe ngeliat dengan cara zoom in zoom out  tapi tetep aja ga tau itu organ apaan dan akhirnya gue memutuskan untuk jawab seadanya. “Jantung kak!”

“Berapa nilai biologinya kemaren kok bisa sih lulus di sini?!!” (tetep dengan nada garang)

"8 kak" (dengan polosnya gue menjawab)

8 darimana? Jawab ini aja ga bisa!!Heran kok bisa lulus.. (tetap dengan wajah garang dan  sinis ala-ala Leily Sagita di Sinetron Tersanjung )”

“Gue cuma bisa terdiam, terpana,dan terbata ga tau harus jawab apa lagi”

Rasanya bener-bener pengen gue kuncit pake karet mulut kakak panitia. Bisa-bisanya dia ngelecehin gue semena-semena gini. Tapi apa daya gue hanya lah seonggok manusia inferior di bawah kesuperioritasan kakak panitia kala itu. Muehehe..Gue cuma bisa berdoa dalam hati supaya gue ga lama-lama dihadapan muka dia dan segera berpindah ke tempat lainnya biar gue cepet selesai dan keluar dari Lab Anatomi ini. Dan pada akhirnya gue dengan sukses melewati tiap-tiap pertanyaan dari kakak-kakak  panitia yang ada diruangan itu meskipun ga jarang gue harus menuai cibiran-cibiran dan tatapan-tatapan setajam silet dari kakak panitia melihat kejongkokkan IQ gue karna dari sekian banyak jawaban yang gue berikan,  mayoritas jawaban gue ngasal dan ngarang abis. Muehehehe

Umm… tapi tenang pada dasarnya kakak-kakak panitia ini baik hati dan tidak sombong kog. Apalagi yang namanya anak-anak keperawatan setau gue baek-baek, yah termasuk gue ini. Muahahahah..
Mereka cuman ngelatih mental kita aja lewat OPDIK ini biar kita belajar disiplin, belajar konsekuensi dengan perbuatan yang kita lakukan, belajar bagaimana kita bertahan supaya kita ga tergerus arus jaman, belajar supaya kita ga jadi anak manja dan bermental tempe. Because Life Is Struggle, Kawan..

3 komentar:

  1. muahahaha...jadi inget masa2 itu, sama kayak elu, sepertinya kalo gue kabur dari kegiatan itu gue gak bakal dicari'in sama panitia, secara gue biasa2 aja, gak menonjol, dan gak jongkok juga, gue adalah orang kebanyakan. wkwkwkwk..*semakin meracau beib*

    BalasHapus
  2. satu pengalaman nih kak. passion nya di HI masuknya ke akuntansi, gak semangat -_- jiah curhat :D

    BalasHapus
  3. Ngeri juga ospeknya kak, pake megang mayat segala

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...