Lucky Charms Rainbow

Jumat, 27 Desember 2013

Menuju Puncak Mahameru Part 2

Minggu, 22 Desember 2013
Tadaaa.. akhirnya gue sampai dengan selamat di Stasiun Malang. Gue pun menuju toilet terlebih dahulu buat bersih-bersih, Temen gue si Ilham udah stand by di stasiun bersama dengan yang lainnya. Kebetulan yang mau ngedaki ada juga dari rombongan Surabaya yang totalnya 15 orang. Kemudian digabung dengan rombongan kita sebanyak 7 orang jadi total adalah 22 orang,

Dari Stasiun Malang kita menuju tumpang. Perjalanan ke Tumpang  menggunakan angkot. Dengan biaya carter 110.000/angkot dengan waktu tempuh ±45 menit. Selanjutnya dari pasar Tumpang kita sempat membeli peralatan yang kurang maupun beberapa logistik. Btw disana gue sempet sarapan mie ayam yang harganya cuman Rp. 4000,-. Selanjutnya dari Pasar Tumpang kita menuju Ranupani dengan menyewa truk. Perjalanan dari Tumpang-Ranupani kurang lebih memakan waktu  ± 2 jam. Dengan biaya Rp. 35.000,-/orang.

Akhirnya sampailah kami di Ranupani. Kami sampai dalam kondisi hujan yang cukup deras, Di Ranu pane gue menyempatkan diri untuk makan nasi rawon. Rawonnya cukup mantap, cuman sayang porsinya sedikit. Hahaha.. Di Resort ranu pane juga mengurus izin pendakian dengan menyerahkan fc KTP dan surat keterangan berbadan sehat. Jangan lupa buat bayar karcis masuk sebesar Rp. 10.000,-

Sekita pukul 13.30  perjalanan menuju dinginnya Ranu kumbolo pun dimulai.   Setelah bersiap-siap dan mengenakan raincoat, dan berdoa telebih dahulu kami pun berangkat.  Oiya, dari kami ber-7 ini belum ada 1 pun yang pernah mendaki gunung semeru, Dalam tim ini, bisa dibilang Ilham sebagai tim leader-nya. Kemudian, dia pun memimpin perjalanan ini. Kami pun menyusuri makam, melewati ilalanag-ilalang dan setelah berjalan sedikit agak jauh, kami terhenti karena jalan yang kami lewati terhalang pohon lebar dan tampak ditutup. Tiba-tiba muncul seorang perempuan muda dari arah jalan tersebut. Kita pun diberi tahu bahwa kita NYASAR!! Iaaa nyasar sodara-sodara. Kita disuruh kembali ke jalan awal dan menemukan tiang yang terdapat tulisan SELAMAT DATANG PARA PENDAKI!! Muahaha…. Alhasil kita pun kembali lagi untuk menuju tempat yang dimaksud.

Akhirnya sampailah kita di gapura tersebut. Dan kemudian kita kembali meneruskan perjalanan ke Ranu Kumbolo. Perjalanan awal tampak indah. Terdapat hamparan kebun penduduk yang memanjakan mata. Sumpah keren pake banget. Kalau di kota mana ada pemandangan kayak beginian

Terdapat 4 pos yang harus kita lewati untuk menuju ranu kumbolo. Pos 1-2 kami lewati dengan baik meski dalam keadaan hujan, Perjalanan menuju pos 3 dan 4 mulai tampak terasa berat. Beberapa dari kami juga tampak mulai cepat merasa lelah dan kaki terasa kram. Kami pun sering beristirahat. Medan yang licin dan hari yang sudah gelap, serta hujan yang tidak berhenti-berhenti cukup menyulitkan perjalanan ini. Gue pun sempat berberapa kali tergelincir dikarenakan medan yang licin dan becek ini. Akthirnya setelah berjalan beberapa jam. Tampak dari kejauhan tenda berwarna warni. Yeah akhirya ranu kumbolo kami datang, Tapi ternyata meskipun tenda-tenda sudah terlihat ternyata jalanan yang harus ditempuh menuju Ranu Kumbolo cukup jauh. Akhirnya sekitar Pukul 20.00 kami sampai. Perjalanan yang kami tempuh untuk menuju ranu kumbolo ini kurang lebih memakan waktu ± 6 jam. Dan jujur aja badan gue udah kedinginan dan menggigil. Karena kami sampai pada malam hari pemandangan indah ranu kumbolo belum terlihat. Para lelaki pun segera mendirikan tenda. Akhirnya setelah tenda berdiri, dan bersih-bersih diri, gue dan ilham segera memasak air dan makanan. Malam itu, karena kelelahan kami hanya memasak air, nasi, dan mie rebus saja. Setelah itu kita tidur dengan damai di pelukan dinginnya ranu kumbolo.