Lucky Charms Rainbow

Selasa, 25 September 2012

Tanya : Sukses Itu Gimana Ya?

        Kali ini gue pengen nulis sedikit yang berbau motivasi. Tulisan kali ini bukan untuk gegayaan atau sok menggurui. Semata-mata cuman pengen nyemangatin dan ngingingetin diri gue sendiri yang jujur aja semangat idup gue tuh dalam seminggu banyak nggak semangatnya dibandingin semangatnya. Jadi kalau misalnya gue lagi down atau penyakit malas gue udah menyatu jiwa raga paling nggak gue bisa baca tulisan gue sendiri buat motivasi diri gue sendiri. Dengan harapan minimal gue sadar n’ ngerasa malu ama tulisan yang udah  gue buat ini. 
          Selain itu tulisan ini bukan juga bermaksud buat nyaingin bapak-bapak  motivator yang pastinya udah kita kenal seperti yang  dibawah ini :
Andrie Wongso
Mario Teguh
Tung DW

Dan bukan juga bermaksud untuk mengambil lahan mereka. Karna gue yakin pada dasarnya motivator terbaik itu adalah diri kita sendiri.
            Tiap orang didunia ini gue yakin kebanyakan pasti pengen jadi orang sukses. Lantas gambaran orang sukses itu sebenernya gimana sih? apakah sukses itu identik dengan banyak uang, pekerjaan mapan, pakaian necis, bla bla bla… Kurang lebih begitulah stigma sukses yang melekat di masyarakat. Tapi menurut gue sukses itu relatif sukses menurut kita belum tentu menurut orang sama, begitu juga sebaliknya. Tapi seenggak-enggaknya yang paling penting lo tahu takaran sukses buat diri lo sendiri bukan takaran sukses dari kacamata orang lain. Nah lantas kira-kira gimana ya cara kita mendekati kesuksesan itu sendiri. Gue sendiri lagi mencoba menyusun formula buat diri gue sendiri gimana caranya mencapai kesukuksesan itu. Setelah melalui terawangan yang cukup panjang kurang lebih cara mencapai kesuksesan versi gue itu seperti berikut ini :
  1. Cita-Cita 
Ketika gue nulis kata cita-cita entah kenapa yang kebayang Kak Ria Enes sama Boneka Susan yang lagi nyanyi di era 90-an yang liriknya seperti ini : “Susan-Susan Susan besok gede mau jadi apa? Aku kepingin pinter biar jadi dokter.” Kenapa gue lebih suka nyebut cita-cita ketimbang mimpi atau impian. Yeph coba kita cek di Yellow Pages.. Eh bukan maksud gue di KBBI. Mimpi itu maknanya kurang lebih adalah bunga tidur. Nah lo ga kepengen kan kalo sesuatu yang benar-benar lo harapin dan pengen lo wujudin itu cuma sebatas bunga tidur. Nah gimana kalo makna impian itu sendiri..?impian menurut KBBI adalah barang yang sangat diinginkan. Hampir sama dengan mimpi makna impian ini juga terlalu sederhana. Jadi kata yang paling pas menurut gue adalah cita-cita . Lagi-lagi menurut KBBI cita-cita adalah keinginan yang selalu ada dipikiran dan berusaha untuk dicapai atau dilaksanakan. Tunggu..tunggu entah kenapa kog gue jadi semacam Guru Bahasa Indonesia ya atau semacam Brand Ambassadornya KBBI?Oke…oke lupakan. Yah..Jadi tentu hal yang pertama kali untuk mencapai kesuksesan itu sendiri kita harus punya cita-cita, harus punya tujuan. Kebayang kan kalo orang ga punya cita-cita/tujuan di hidupnya. Hidupnya pasti flat abis. Mengalir bagai air.. Jujuraja gue kurang begitu suka dengan prinsip go with the flow. Kesannya kog ya pasrah banget sama hidup…mau dibawa kemana aja ikut dibawa ke kamar mandi, ke hutan, ke sumur juga ikut. Lantas esensi perjuangan hidup kita dimana nih kalau semuanya go with the flow? Karena yang gue tahu hidup itu ga sedatar dinding kamar atau sedatar lantai rumah gue kawan…

        2. Fokus

Kita kudu fokus dalam mecapai kesuksesan kita. Fokus dengan apa yang benar-benar kita cita-citain. Lebih baik satu tapi fokus ketimbang banyak tapi berantakan kan? Selain itu fokus lah sama kelebihan yang kita punya jangan dengan kekurangan kita. Karna fokus dengan kekurangan cuman bisa mengurung dan membatasi potensi-potensi dan gerakan yang ada pada diri kita. Sayang banget kan jadinya..?

        3.Berusaha diatas rata-rata

Dulu gue pernah baca buku judulnya Negeri 5 menara. Pesan yang gue dapet dari buku itu kurang lebih begini kalau kita mau sukses atau berhasil usaha aja ga cukup. Tapi berusahalah di atas rata-rata orang kebanyakan. Misal kalau kita mau sukses dalam studi, kalau kebanyakan orang belajar cuma pada malem hari atau ketika ujian (yang cetak tebal ini gue banget nih) nah karna itu usaha kita harus di atas rata-rata kita harus belajar jauh lebih banyak dari mereka misal waktu malem n subuh. Disaat orang-orang kebanyakan bersantai sebenarnya disitulah momen yang paling tepat buat kita untuk melesat  jauh meninggalkan mereka.
Gue termasuk orang yang percaya kalau bakat itu Cuma 1% sedangkan usaha itu 99% berpengaruh terhadap kesuksesan. Gue ambil contoh Thomas Alva Edison pada eranya banyak yang bilang dia adalah sosok yang bodoh bahkan sampai tak naik kelas beberapa kali. Tapi lihat usahanya dalam menemukan lampu ratusan kali dia gagal tapi dia terus berusaha tak kenal kata menyerah sampai akhirnya dia berhasil menciptakan lampu yang bermanfaat bagi hajat hidup orang banyak. Super..sekali…!! Kemudian  sebongkah batu rasanya mustahil untuk kita lubangi dengan tetesan air. Tapi hasilnya akan terasa beda jika batu tersebut ditetesi secara simultan. Lama kelamaan batu tersebut akan berhasil dilubangi bukan dengan hanya satu atau dua tetesan tapi dibutuhkan mungin ribuan atau bahkan puluhan ribu tetesan. So..berusahalah di atas rata-rata

      4. Doa Doa dan Doa
Sengaja gue letakin yang paling terakhir tapi sebenernya disinilah pusat dari segalanya menurut gue. Kenapa..? Tidak sedkit kita jumpai orang yang banyak duit, mapan dan serba kecukupan, serta image sukses pun melekat pada orang tersebut tapi ternyata dia tidak pernah ingat sama sekali dengan Tuhannya. Atau bahkan tidak sedikit yang memang tidak percaya dengan Dia. Dulu gue sempet bertanya-tanya  “orang-orang” itu tidak berdoa atau beribadah tapi masih dilimpahi kecukupan dan mereka hanya dengan berusaha. Kenapa..? karena Allah itu maha baik dia memberikan rezekinya kepada siapapun bahkan orang-orang yang tidak pernah meminta kepadaNya. Tapi pernah ga sih kita terpikir apakah hasil yang dia dapatkan itu berkah atau nggak. Nah itulah kenapa kita harus senantiasa berdoa kepadanya agar hasil yang kita dapatkan itu mendapat berkah dariNya dan agar kita selalu tetap mampu menundukkan kepala kita dan dapat mengingat bahwa semua nikmat yang kita peroleh ini smeata-mata dariNYa. Yah.. itulah kenapa usaha diatas rata-rata saja tidak cukup tapi harus selalu kita iringi dengan doa doa dan doa kepadaNya.

Oke… kurang lebih begitulah gambaran menuju kesuksesan menurut gue. Lagi-lagi gue tekenin disini bukan maksud gue mengurui atau apapun tapi ini cuma sekedar wadah buat gue untuk mengingatkan diri gue sendiri sebagai makhlukNya yang sering lalai dan lupa. Tssahhh… sedep…
Ikan Lou Han Ikan Pari Cukup Sekian dan Terima Kasih. Salam Super..!!

1 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...